Dosen Fisika dan Agama Islam Unismuh Makassar Lakukan Praktik Wudhu Ramah Lingkungan Aplikasi Ilmu Fisika

  • Bagikan

Mengenai pengabdian tersebur kata Yusri,
memaparkan tujuan dari kegiatan pendampingan praktik wudhu ramah lingkungan, salah satu diantaranya adalah menerapkan prinsip-prinsip fisika dalam berwudhu yang ramah lingkungan.

Lalu lahirnya perubahan perilaku hemat air, terhadap peserta didik melalui pembiasaan berwudhu dalam kehidupan sehari-hari. Ini menjadi implementasi pembelajaran Islam Muhhamdiyah dan Bahasa Arab (Ismuba), melalui aplikasi Fisika.

"Ini juga cara menjalin kolaborasi dengan lembaga lingkungan hidup Muhammadiyah dalam pemeliharaan lingkungan hidup," ucapnya.

Sehingga kata, Yusri handayani tujuan tersebut diharapkan nantinya, peserta didik akan hemat lagi dalam menggunakan air wudhu. Maka akan berdampak bagi lingkungan sekitarnya.

Ia menambahkan kegiatan tersebut didanai oleh Risetmu melalui skema Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) tahun anggaran dan pelaksanaan 2023.

"Kegiatan ini juga didukung dan difasilitasi oleh Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Makassar," ucapnya

Kepala Bagian Sarana dan Prasarana SMP Unismuh Makassar, Muhammad Darwis, S.Pd.I mengatakan kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini, tetapi diharapkan ilmu yang didapatkan peserta didik dapat disampaikan kepada orang lain (bermakna).

"Kami juga berharap ada kegiatan pengabdian lainnya yang menjadikan SMP Unismuh sebagai mitra pengabdian maupun penelitian," tuturnya.

Selain Yusri Handayani (Dosen Pendidikan Fisika), yang menjaskan tentang teknis kegiatan pendampingan praktik wudhu ramah lingkungan, ada juga Ahmad Nashir (Dosen Pendidikan Agama Islam) yang menjelaskan tentang tata cara berwudhu sesuai HPT kepada peserta didik.

  • Bagikan