PAN Beri Sinyal Dukung Ganjar-Erick, Pengamat: Lawan Ketat Bagi Anies

  • Bagikan
DPW PAN Jawa Tengah rekomendasikan duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir untuk diusung sebagai calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024. Foto jpnn

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Partai Amanat Nasional (PAN) memberi sinyal dukungan paket Ganjar Pranowo-Erick Thohir pada Pilpres 2024. Peluang paket ini dinilai sangat besar.

Jika terbentuk, pasangan dua figur ini akan kuat. Memang, hingga saat ini Ganjar belum punya kendaraan. Belum ada partai yang mendeklarasikannya untuk diusung secara resmi, sehingga Anies Baswedan masih unggul dalam hal pencalonan.

Jika Ganjar diusung PAN yang merupakan anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), dan berpasangan dengan Erick, duet ini bisa menjadi lawan ketat bagi Anies dari Koalisi Perubahan.

"Bahkan bisa melampaui elektabilitas Anies begitu sudah diusung," kata analis politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Ali Armunanto, Senin, 27 Februari.

Apalagi Erick adalah tokoh yang popularitasnya sangat tinggi saat ini dan di luar ia punya jaringan kuat. Juga punya jaringan pemodal di belakangnya.

"Jadi pasti sangat berbahaya jika berpaket karena parpol dan kapital permodalan tidak akan menjadi masalah jika mereka berpasangan," kata Ali.

Di samping itu, dalam survei, Menteri BUMN juga menjadi sosok yang paling diminati milenial.
Di mana potensi pemilih milenial sangat besar. Kemungkinan besar paket ini akan menghasilkan koalisi besar. Khusunya Koalisi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan PDIP.

"Apalagi, Erick memiliki kemampuan negosiasi yang sangat luar biasa dan relasi sangat luas. Dan kepiawaiannya itu bisa bermanfaat dalam renegosiasi komposisi dengan Ganjar dalam berpaket," katanya.

Paling Mungkin

Duet Ganjar-Erick memang paling memungkinkan mendapat dukungan Presiden Jokowi. Sejauh ini Ganjar-Erick dan juga Prabowo, yang selalu mendapat mention istana terkait Pilpres 2024.

  • Bagikan