FK Unhas Gelar Seminar dan Workshop Internasional Penyakit Infeksi Emerging dan Bioinformatika

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK-Unhas) menyelenggarakan seminar dan workshop internasional "Emerging Infectious Diseases and Bioinformatics" di Aula Sjamsuddin Dg Mangawing, kampus FK Unhas, Tamalanrea, Makassar. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari (Senin-Kamis/6-9/3/2023).

Penyakit Infeksi Emerging adalah penyakit yang muncul dan menyerang suatu populasi untuk pertama kalinya atau telah ada sebelumnya namun meningkat dengan sangat cepat, baik dalam jumlah kasus baru di dalam satu populasi, ataupun penyebarannya ke daerah geografis yang baru (re-emerging infectious disease).

Seminar dan Workshop International Emerging Infectious Diseases and Bioinformatic dibuka Dekan FK Unhas Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid. M.Kes, Sp.PD-KGH, FINASIM, Sp.GK, yang juga didampingi Wakil Dekan Bidang Publikasi ,Pengabdian Masyarakat dan Urusan Internasional, Dr. dr. Rina Masadah, Sp.PA.,M.Phil, DFM.

Menurut ketua panitia seminar, dr Isra Wahid, PhD, seminar dan workshop ini bertujuan untuk mengenali populasi wabah seperti Infeksi malaria dan acute febrie illness (AFI) juga memperkenalkan bio informatika, mengolah data dengan interpretasi dan implementasi dalam penelitian.

"Seminar ini dihadiri oleh kalangan mahasiswa S-2, S-3, peneliti,dan dokter dibagi dalam tiga sesi yaitu :
sesi pertama workshop bioinformatika, sesi kedua workshop genetika populasi, dan sesi ketiga workshop desain penelitian," ungkap dr. Isra.

Seminar dan Workshop ini merupakan kolaborasi dengan beberapa universitas menghadirkan pembicara yang ahli pada bidangnya sebagai berikut: Fakultas Kedokteran Universitas Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin menghadirkan pembicara Dr. Isra Wahid (Center For Zoonotic and Emerging Diseases), Dr. Irfan Idris (Fevers Unkwon Origin), Sri Nur Rahmi, M.Si (Sample Processing and nanopore MinION Sequencing), Universitas Diponegoro:Dr. Muh. Fauzi (Sample Processing and nanopore MinION Sequencing) dengan University St.Andrews, menghadirkan Dr. Janet Cox Singh (Pathogen Exchange study sample, sample processing, and next step) dan Dr. Peter Thorpe (Bioinformathic analisys, Genome Assembly and metagenomic), Plymouth Hospital University Dr. Cyrus Daneshvar ( Emerging Diseases Investigation Study Design), dan University Sarawak Malaysia, Dr. Paul Divis (Population Genetics-Plasmodium Species).(elva/fajar)

  • Bagikan