Pelepasan SMK Pelayaran LNB, Bupati Barru: Sekolah Ini Lahirkan Pelaut Handal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU--Upacara pelantikan dan pelepasan bintara pelayaran niaga taruna / taruni angkatan VI SMK Pelayaran Lintas Nusantara Barru, di halaman SMK Pelayaran Lintas Nusantara, Lajulo Kelurahan Tuwung, Barru, Kamis (08/06/2023).

Bupati Barru, Ir H Suardi Saleh, M.Si bertindak sebagai Inspektur upacara, menyatakan, pelantikan hari ini membuktikan bahwa SMKN Pelayaran Lintas Nusantara Barru telah berhasil menjadi isntitusi pendidikan yang mampu mencetak SDM dengan keterampilan dan keahlian khusus di bidang pelayaran niaga.

Hal ini mempertegas bahwa SMKPLN Barru telah hadir bersama dengan stakeholder lainnya dalam lingkup pemerintah dan masyarakat kab.barru.

Bupati Barru menjelaskan bahwa sesuai data Kementerian Perhubungan, saat ini kebutuhan pelaut indonesia setiap tahun sekitar 60ribuan dan untuk luar negeri 90ribuan, sementara saat ini Indonesia hanya mencetak 7ribu orang/tahun,hal ini menjadi tantangan SMK Pelayaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Dengan kondisi transportasi laut Indonesia masih sangat membutukan SDM andal dan bersertifikasi di bidang pelayaran,karena masih banyak pengelola atau nahkoda dalam pelayaran tidak mendapat pendidikan formal.

"Untuk itu Tugas kita adalah mencetak sebanyak mungkin SDM Pelayaran bersertifikasi, dan kehadiran SMK Pelayaran ini merupakan sumbangsih untuk mengisi ruang kosong dan mencetak Taruna/ Taruni andal dibidang pelayaran," jelas Suardi Saleh.

Jika dibandingkan dengan kebutuhan tenaga pelaut jumlah lulusan ini memang kecil, tapi kontribusi yang kalian berikan terhadap industri pelayaran nasional cukup besar, keberadaan kalian sangat berarti bagi transportasi laut kita juga dalam membawa nama besar indonesia khususnya Barru di dunia pelayaran internasional.
Bupati berpesan kepada taruna dan taruni, jadikan pelepasan ini sebagai momentum untuk terus belajar didunia nyata untuk memberikan pelayanan yang terbaik, Pelepasan ini bukanlah akhir perjuangan melainkan permulaan karena anak anakku akan bertemu dengan dunia kerja secara nyata.

  • Bagikan