Pemeriksaan Kesehatan Gratis Buat Warga, Sasar Pasar dan Terminal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANTAENG -- Pemerintah Kabupaten Bantaeng terus berupaya dalam menjamin kesehatan masyarakatnya. Setelah door to door dipemukiman warga, kini giliran pedagang di pasar sentral dan Terminal disasar oleh Dinas Kesehatan melalui progran pemeriksaan kesehatan gratis.

Pemeriksaan kesehatan gratis tersebut merupakan instruksi langsung dan harapan dari Bupati Bantaeng, Ilham Azikin guna mendekatkan akses pelayanan kesehatan pada masyarakat Kabupaten Bantaeng.

LHal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, dr Andi Ihsan, saat ditemui di lokasi kegiatan.

"Kegiatan skrining ini kita lakukan sejak dua bulan lalu atas perintah dari bapak Bupati Bantaeng, Ilham Azikin. itu sudah kita lakukan, kita sudah menyisir kecamatan Tompobulu, teman-teman melakukan kegiatan door to door dari rumah ke rumah melakukan skrining kalau ada yang terindikasi kita berikan obat pada saat itu juga," kata dia.

Dia mengatakan, pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di Kecamatan Bissappu, yang kebetulan wilayahnya terdapat pasar dan terminal.

" Jadi pemeriksaan kesehatan difokuskan kepada pedagang pasar, pengunjung serta sopir angkutan umum yang ada di terminal untuk mendeteksi penyakit yang dialaminya," kata dr Ihsan.

Di berharap pedagang-pedagang pasar, sopir angkot yang diperiksa di terminal, itu bisa terjaga kesehatannya dengan melakukan skrining berupa pemeriksaan gula darah, tekanan darah, asam urat dan kolesterol.

" Ini bagian dari skrining agar lebih awal kita bisa mendeteksi penyakit-penyakit tidak menular yang dialami oleh saudara-saudara kita baik pedagang pasar ataupun sopir angkot," kata dia.

  • Bagikan