Dibuka Presiden Jokowi, Bupati ASA Ikuti Rakornas Pengawasan Intern

  • Bagikan
Bupati ASA

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Tahun 2023 secara virtual dari Rumah Jabatan (Rujab) Bupati, Rabu, (14/6/2023).

Orang nomor satu di Pemerintahan Sinjai itu didampingi oleh Inspektur Inspektorat Sinjai, Andi Adeha Syamsuri. Rakornas yang mengusung tema Kawal Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh mengatakan bahwa Rakornas ini diikuti sebanyak 2.817 peserta. Kepada Presiden RI, Yusuf Ateh menyampaikan program sebanyak 43% berpotensi tidak optimal mengungkit sasaran pembangunan pada daerah yang diuji petik.

Di samping itu, terdapat potensi pemborosan alokasi belanja daerah sebesar 21% dari nilai anggaran.

Adapun perlawanan pemerintahan/lembaga/daerah (K/L/D) di lapangan dan lambatnya tindak lanjut hasil pengawasan BPKP, menurut Yusuf Ateh, masih menjadi tantangan bagi pengawasan intern untuk mencegah permasalahan dari hulu.

Mendukung hal tersebut, Presiden RI Joko Widodo berpesan agar pimpinan pemerintah tidak mengabaikan rekomendasi dari BPKP.

“Tangan BPKP itu sampai provinsi, kabupaten, kota, artinya bisa mengawal, mengawasi, mengarahkan,” jelasnya

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Sinjai, Andi Adeha Syamsuri usai mengikuti Rakornas secara virtual mengatakan bahwa, kegiatan Ini sudah rutin dilakukan oleh BPKP yang diikuti seluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia.

Sekaitan dengan Arahan Presiden RI dan Kepala BPKP, diminta sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) tentu akan melakukan pengawasan dan pengawalan secara aktif.

  • Bagikan