Belajar Mitigasi Bencana Pesisir Dari Jepang

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Pemkot Makassar tengah merencanakan reklamasi pesisir di sepanjang Pantai Losari. Konsep ini sebagai bentuk mitigasi kebencanaan dan rupanya juga meniru konsep yang diterapkan Jepang.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan alasan menjadi Jepang sebagai contoh atau inspirasi dalam melakukan reklamasi.

Alasannya, Jepang yang merupakan wilayah kepulauan dekahui memiliki kondisi yang kurang lebih sama dengan Indonesia, dimana intensitas gempa yang cukup tinggi yang beresiko menyebabkan bencana Tsunami.

Danny mengaku pesisir Yokohama Jepang menjadi inspirasi dari reklamasi di Kota Makassar. Wali kota berlatar arsitek ini mengaku sudah mengunjungi kawasan itu sebanyak enam kali sebelum dirinya menjabat sebagai wali kota.

"Saya hafal betul kawasan di sana. Itulah yang menginspirasi kami mereklamasi kota Makassar," kata Danny, Selasa, 1 Agustus.

Konsep yang diterapkan di Yokohama ini kata Danny telah memitigasi bencana seperti tsunami juga mencegah kenaikan permukaan air laut.

Mengingat dalam sejarahnya daerah tersebut cukup banyak dihantam kedua bencana ini.

Makanya Danny membuka pintu yang selebar-lebarnya bagi Jepang untuk bekerja sama terkait hal ini. "Karena negara itu dari segi teknologi dan inovasi memang patut ditiru," katanya.

Tak hanya dalam konsep mitigasi kebencanaan pesisir, juga manajemen perkotaan metropolis. Seperti sistem transportasi bawah tanahnya yang terkoneksi langsung dengan Tokyo.

Sementara itu, Konsuler Jepang Makassar Ohashi Koichi mengatakan Pemerintah Kota Yokohama menganggap Makassar menjadi mitra yang sangat penting.

  • Bagikan