Jadi Pembicara di ITB, Danny Pomanto Paparkan Makassar Sombere’ & Smart City

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANDUNG — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menjadi pembicara di Insitut Teknologi Bandung (ITB).  Dalam acara bertajuk Dukungan Infrastruktur Kota Cerdas untuk Mendukung Society 5.0, di Aula Timur ITB, Kamis (7/9/2023).

Dalam kesempatan itu, Danny memaparkan langkah dirinya dan Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi mewujudkan visi-misi Makassar Sombere' & Smart City.

Ia mengungkapkan, Sombere' & Smart City bukan hanya perihal teknologi yang tinggi, tetapi juga membangun karakter. Itulah mengapa dia definisikan visinya itu; when high touch meets high tech.

Ia bilang, karakter sombere atau keramahtamahan, humble dan persaudaraan harus menyatu di hati dan pikiran masyarakat Makassar. Lalu mengiringi pembangunan kota untuk dua kali tambah baik atau dalam istilahnya twice better. 

Dengan visi dan misinya itu, ia bersyukur karena Makassar masuk dalam urutan 80 dari 102 kota pintar di dunia menurut Smart City Index 2019.

Dalam perjalanan menuju kota yang smart, pria berlatar pendidikan arsitektur itu, mulai membangun kota melalui lorong-lorong. Salah satu program yang menjadi percontohan nasional, yaitu Lorong Wisata (Longwis). 

Di situ, pihaknya juga fokus melengkapi ekosistem pangan di lorong wisata. Olehnya tercipta food security atau ketahanan pangan.

Bahkan di dalam 1.096 Longwis telah dilengkapi CCTV, WiFi, avatar, hingga dibentuk dengan konsep tiga dimensi sehingga memudahkan aparat penegak hukum memonitoring aksi kriminal dan lainnya di lorong-lorong.

  • Bagikan