UNM Laksanakan Pengabdian Masyarakat, Latih Guru SD Inpres Boollangi 1 terkait Literasi Numerasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,GOWA — Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali melaksakanakan pengabdian masyarakat. Kali ini menyasar guru SD Inpres (SDI) Bollangi 1, Gowa.

Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat UNM, Bobby Poerwanto mengatakan kegiatan yang dihelat 5 September 2023 itu untuk meningkatkan kapasitas numerasi guru.

“Sesuai dengan peraturan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbudristek dengan nomor 0340/B/HK.01.03/2022 tentang kerangka kompetensi literasi dan numerasi bagi guru pada sekolah dasar,” kata Bobby dikutip dari keterangan resmi, Kamis (7/9/2023).

Ia mengungkapkan, kemampuan numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari. Seperti di rumah, pekerjaan, dan partisipasi dalam kehidupan masyarakat dan sebagai warga negara) dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif.

“Dengan meningkatnya kapasitas numerasi guru, maka diharapkan dapat berdampak pada peserta didik sehingga menghasilkan generasi melek numerasi,” ujarnya.

Kemampuan ini, kata dia, ditunjukkan dengan kecakapan terhadap bilangan dan menggunakan keterampilan matematika secara praktis untuk memenuhi tuntutan kehidupan. Juga merujuk pada apresiasi dan pemahaman informasi yang dinyatakan secara matematis, misalnya grafik, bagan, dan tabel.

Bobby mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk kontribusi yang dilakukan oleh tim pelaksana yang berasal dari Prodi Statistika dan Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNM, serta berkolaborasi dengan dosen bidang studi Pendidikan Matematika dari Institut Kesehatan Pelamonia KESDAM VII/Wirabuana.

  • Bagikan