Tim DRTPM Dikti Lakukan PKM Inovasi Terbaru di Industri Kerajinan Rumahan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Tim Pengabdian DRTPM Dikti tahun 2023 telah memulai sebuah inisiatif yang luar biasa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan bertujuan untuk membantu Industri Rumah Tangga dengan menggandeng kelompok Usaha Sablon Screen Printing Makassar.

Tim Pengabdian yang bertanggung jawab atas kegiatan ini terdiri dari Ketua Tim, Jeffry, S.Kom.,M.T, dosen prodi Ilmu Komputer, anggota tim yaitu Nurdyansya, S.IP., M.I.Kom dari dosen ilmu komunikasi dan Syahrul Usman, S.Kom.,M.T yang juga berasal dari prodi ilmu komputer serta berkolaborasi dengan mahasiswa yang keseluruhan merupakan dosen dan mahasiswa dari Universitas Pancasakti Makassar.

Selain Tim Pengabdian, program ini juga melibatkan kemitraan dengan kelompok usaha Sablon “Kamar Gelap” di Kec. Manggala, Kota Makassar.

Ketua Tim, Jeffry mengatakan program ini mendapat dukungan pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi tahun 2023 dan difasilitasi oleh Universitas Pancasakti Makassar dalam hal pelaksanaan kegiatan.

"Dari hasil diskusi dengan mitra pada kunjungan awal kegiatan diperoleh beberapa permasalahan diantaranya yaitu Pengumpulan dan pengolahan data dilakukan secara konvensional (manual), tidak tersedianya teknologi pada Usaha screen printing “Kamar Gelap” untuk menganalisis data penjualan, tidak ada implementasi hasil analisis ke dalam strategi pemasaran, dan paling utama adalah ketidaktahuan mitra dalam penggunaan teknologi machine learning untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas aktivitas bisnis," kata Jeffry.

  • Bagikan