Bandeng Presto BoluBollo Produk UMKM Gowa Juara UKM Pangan Award

  • Bagikan
Sumanto pemilik brand UMKM BoluBollo Gowa saat menerima penghargaan usai menang di UKM Pangan Award 2023 kategori makanan cepat saji tingkat nasional.(foto/ist)

FAJAR.CO.ID, GOWA -- Produk UMKM asal Gowa patut diperhitungkan di tingkat nasional.
UMKM asal Kabupaten Gowa berhasil meraih juara pada UKM Pangan Award 2023.

UMKM Gowa unjuk gigi pada UKM Pangan Award 2023 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Jawa Barat, Kamis (19/10).

Produk UMKM Gowa yang berhasil juara di event produk makanan kemasan cepat saji tingkat nasional adalah olahan ikan bolu atau bandeng yang dinamai Bandeng Presto BoluBollo.

Produk olahan tangan Sumanto ini mampu menyisihkan seribuan UMKM lainnya di Indonesia. Sekadar diketahui untuk bisa ikut di event seleksi UKM Pangan Award 2023 ini, peserta bersaing ketat. Ada 1.134 UMKM yang ikut seleksi termasuk UMKM Sumanto.

Olahan ikan bandeng ini menjadi usaha paten Sumanto, warga Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Usaha Sumanto ini berdiri sejak 2019 lalu dan kini berhasil menjajaki pasar nasional.

Pangan Award ini diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan RI, dan saya UMKM dari Gowa membawa produk Bandeng Presto Jumbo dengan merek BoluBollo,” kata Sumanto, Jum’at (20/10) saat dikonfirmasi.

Sumanto mengikuti seleksi dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.134 orang. Pada seleksi pertama dirinya masuk 59 besar dan pada seleksi ketiga, produk BoluBollo miliknya masuk dalam lima kategori terbaik. Untuk BoluBollo masuk kategori makanan cepat saji.

“Alhamdulillah setelah melewati serangkaian seleksi yang cukup ketat, kami berhasil masuk lima besar kategori makanan cepat saji, penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Perdagangan RI,” papar Sumanto.

  • Bagikan