Hari Jadi Bantaeng ke 769, Bangun Ekonomi dan SDM Bertabur Prestasi

  • Bagikan
Foto udara Banateng

"Ini semua daerah tambang. Hanya Bantaeng yang tidak memiliki tambang," jelas dia.

Dia menambahkan, jika dilihat dari sisi Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB), laju pertumbuhan ekonomi Bantaeng yang mencapai 15,45 persen ini masih didorong oleh pertumbuhan di sektor Pertanian, Kehutanan, Perikanan dan Perkebunan. Setelah itu, pertumbuhan ekonomi Bantaeng didorong oleh sektor industri.

"Sektor industri ini adalah sektor industri rumahan, UMKM dan industri makanan minum. Termasuk juga industri smelter," kata dia.

Bantaeng juga lima tahun terakhir berhasil menangani 84,87 KM jalan sampai di pelosok. Penanganan banjir dengan pembangunan Cekdam Kasiping serta bendung dan tanggul di wilayah yang sering banjir.

Di bidang kesehatan, Bantaeng lima tahun berturut-turut meraih kabupaten sehat kategori Swasti Saba Wistara. Ilham Azikin saat kepemimpinannya yang berpihak pada pembangunan Sumber Daya Manusia juga tidak main-main.

SDM yang berkualitas di masa yang akan datang bagi Ilham Azikin melahirkan UPT Pusat Layanan Gizi Terpadu yang merupakan UPT pertama di Indonesia. UPT Pusat Layanan Gizi Terpadu mengintegrasikan 11 OPD untuk memberikan rekomendasi permasalahan gizi, sehingga menurunkan angka prevalensi stunting di Kabupaten Bantaeng.

UPT Pusat Pelayanan Gizi Terpadu adalah inovasi Bupati Bantaeng Ilham Azikin merupakan salah satu unit pelayanan teknis Dinas Kesehatan yang melakukan kegiatan promotif dan preventif khusunya kesehatan dan gizi terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

  • Bagikan