Hari Jadi Bantaeng ke 769, Bangun Ekonomi dan SDM Bertabur Prestasi

  • Bagikan
Foto udara Banateng

FAJAR.CO.ID, BANTAENG - Kabupaten Bantaeng telah berumur 769 tahun tepat pada 7 Desember 2023. Lima tahun terakhir, Bantaeng meraih berbagai macam capaian dan penghargaan baik di tingkat regional maupun nasional.

Berbicara lima tahun terakhir, Bantaeng dikenal dengan tiga program unggulannya yang digagas oleh Bupati Bantaeng dan Wakil Bupati Bantaeng periode 2018-2023 Ilham Azikin dan Sahabuddin.

Tiga program unggulan itu, program Perlengkapan Sekolah Gratis yang menyentuh 55.308 siswa di tingkatan PAUD, SD dan SMP. Berkat program ini, orang tua tidak terbebani lagi oleh biaya perlengkapan sekolah setiap tahun ajaran baru.

Program Asuransi Pertanian dan Peternakan menjamin ganti rugi 3.302,46 hektare lahan pertanian dan 6.770 ekor ternak warga Bantaeng. Petani dan peternak kita tidak lagi khawatir gagal panen ataupun kematian ternak akibat penyakit. Pemkab Bantaeng saat itu yang dipimpin Ilham Azikin bekerja sama dengan PT Jasindo untuk mengganti kerugian petani dan peternak dengan pemberian klaim asuransi yang ditetapkan.

Selanjutnya, program Modal Usaha Berbasis Dusun dan RW yang melahirkan 431 UMKM di 383 Dusun dan RW yang tersebar di Kabupaten Bantaeng. Berkat program ini tercipta UMKM baru dan serapan tenaga kerja sampai di dusun dan RW.

Tiga program unggulan ini membuat laju pertumbuhan ekonomi Bantaeng kokoh dan mengalami laju pertumbuhan ekonomi. Badan Pusat Statistik (BPS) merilis laju pertumbuhan ekonomi Bantaeng dari 8,08 persen pada 2018 menjadi 10,75 persen pada 2019.

  • Bagikan