Yakin Makassar Kembali Raih Adipura, Danny Pomanto Sebut TPA dan Sapi di Antang Jadi Tantangan

  • Bagikan
Wali Kota Makassar Danny Pomanto (Foto: Arya/Fajar)


FAJAR.CO.ID
,MAKASSAR — Wali Kota Makassar Danny Pomanto yakin Kota Daeng kembali meraih penghargaan Adipura. Untuk tahun 2023 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Kita harus tetap optimistis,” kata Danny usai menggelar Rapat Koordinasi bersama seluruh camat, lurah dan OPD lingkup Pemkot Makassar, di DP Hall, Makassar, Rabu (24/01/2024) malam.

Danny mengungkapkan, indikator penilaian Tim KLHK sudah dipersiapkan pihaknya dengan lebih baik. Hanya tinggal menunggu verifikasi lapangan.

“Indikatornya kan seperti toilet harus bersih, pemilahan sampah harus jelas, dan saluran drainase harus berfungsi, dan itu semua kita maksimalkan,” jelasnya.

Hanya saja, ia menyebut Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa atau Antang, masih menjadi momok. Begitu pula dengan sapi yang kerap berkeliaran di sepanjang jalan.

“Yang paling berperan itu TPA, tapi yang saya lihat on progres. Tinggal menjinakkan sapi-sapi ini. Ini yang harus betul-betul ditangani dengan baik dan serius. Karena ini sudah berpuluhan tahun,” terangnya.

Untuk mengatasi persoalan itu, ia bilang pihaknya telah menekankan kepada seluruh pihak terkait. Mulai dari lurah hingga camat agar bahu membahu mengatasi persoalan tersebut. 

“Makanya ini harus ditangani dengan Pak Camat, Pak Lurah,” ujarnya.

“Intinya adalah team work. Karena kerja-kerja Adipura ini adalah kerja semua pihak. Kita mau membuat sejarah, bagaimana kerja-kerja kita bisa meraih kembali Adipura,” tambahnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar Ferdi Mochtar menyebut ada 19 titik yang menjadi lokus penilaian Tim KLHK.

  • Bagikan