UMKM Barru Diminta Sesuaikan Pola Pasar dengan Perkembangan Zaman

Kamis, 3 Desember 2020 19:41

FAJAR.CO.ID,BARRU- Seminggu sejak Webinar Nasional KPCPEN dilaksanakan di Barru, saat itu Sekretaris Daerah Barru Dr. Ir. Abustan, bersama Kepala Diskominsta Barru, Syamsuddin sebagai Narasumber, dan dimoderatori oleh Government Public Relations Ardi Susanto. Tayangan Webinar Nasional KPCPEN di Barru ini, masih dapat kita simak di akun YouTube KPCPEN Webinar, Manfaat Program PEN bagi UMKM bersama Pemerintah Kabupaten Barru Sulawesi Selatan.

Ada yang menarik disela acara ini, sebab pemandu seminar virtual yang juga Kepala Bidang Humas, Informasi dan Komunikasi Publik, Ardi Susanto sempat memaparkan beberapa kebiasaan baru yang berubah di masa Pandemi Covid-19.

“Setidaknya ada empat pola yang terbentuk di masa Pandemi Covid-19 yang terdiri dari sekira 30 kebiasaan baru konsumen, lengkapnya, silahkan download e-book 30 Consumer Behavior Shifting di Internet” sebut Ardi Susanto berharap agar semua pelaku ekonomi dapat mempelajari dan cepat menyesuaikan diri demi percepatan pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

Dengan lugas, Ardi menyebut perubahan pola Stay at Home, Back to Bottom Need Phyramide, Go Virtual dan Empatik Society sebagai landasan perubahan kebiasaan konsumen akibat Pandemi Covid-19 menuju Era New Normal Life.

“Pelajari konsumen dan pasar yang mengalami pergeseran paradigma dalam belanja dan kebutuhan, semoga dengan ini UMKM Barru dapat berkembang dan lebih cepat menyesuaikan diri untuk survive di era digital” sebut Ardi yang juga hobby berbisnis dan pernah menjadi marketing mobil bekas dan properti ini.

Disebutkannya, bahwa bertahan di tengah pandemi ini, UMKM harus mau masuk ke dunia digital. Sayangnya, masih ada pelaku UMKM yang asing dengan perkembangan teknologi.

Untungnya, Pemda Barru terus membuka wawasan ini dan telah melakukan beberapa kali Bimtek bersama Kemkominfo melalui Balai Besar Pengembangan SDM Kominfo Makassar dan Diskominsta Barru.

Komentar

VIDEO TERKINI