Waspada di Jalan, Pohon Mudah Tumbang

Jumat, 18 Desember 2020 09:38

Bersihkan Petugas Kepolisian Bersama Petugas Dinas Lingkungan Hidup membersihkan pohon tumbang di Jalan Agus Salim, Kecamatan Somba Opu, Kamis 17 Desember. (Foto Rudiansyah/Fajar)

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA — Hujan disertai angin kencang membuat pohon tumbang. Kendaraan roda empat tertimpa, Kamis, 17 Desember. Masyarakat pun diminta waspada.

Pohon tumbang terjadi di Jalan Agus Salim, Kecamatan Somba Opu, sekitar pukul 12.00 Wita. Pohon menimpa mobil yang sedang melalui jalan tersebut. Beruntung, peristiwa tersebut tidak menelan korban jiwa. Sopir selamat. Pohon yang sempat menutupi jalan sudah dibersihkan.

Hanya saja, masyarakat diingatkan agar tetap waspada sebab pohon mudah tumbang. Selain itu, ranting-rantingnya juga rapuh. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gowa, Azhari mengatakan, pemangkasan pohon yang dianggap rawan tumbang di sepanjang jalan poros memang aktif kami lakukan. Namun, masih ada beberapa pohon yang tumbang.

“Kami mohon maaf karena mungkin belum maksimal dikarenakan jumlah pohon yang banyak dan tidak sebanding dengan alat dan armada yang tersedia. Insyaallah ke depan akan lebih maksimal,” kata Azhari saat memantau proses evakuasi pohon tumbang, kemarin.

Selain itu lanjutnya, pihaknya akan melakukan peremajaan dengan mengganti pohon yang akarnya lebih kuat. “Seperti disuputaran Jalan Masjid Raya, dan Jalan Sultan Hasanuddin dan Jalan Tumanurung,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolsek Somba Opu, Kompol Jamaluddin mengatakan, cuaca ekstrem ini memang perlu diwaspadai. Masyarakat yang hendak keluar rumah diminta lebih berhati-hati.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak keluar rumah jika tidak ada hal penting. Mengingat cuaca cukup buruk. Kasus pohon tumbang ini perlu diwaspadai,” kata Jamaluddin saat mengevakuasi pohon tumbang. (ans/ilo)

Komentar