Anggaran Rumah Tangga, Bupati Rp1,6 M, Wabup Rp620 Juta

Jumat, 5 Februari 2021 09:14

Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Anggaran kebutuhan rumah tangga pejabat di Kabupaten Wajo tahun ini cukup fantastis. Bupati Wajo, Amran Mahmud sebesar Rp1,6 miliar dan Wakil Bupati (Wabup) Wajo Amran, Rp620 juta.

Berdasarkan data dihimpun FAJAR www.sirup.lkpp.go.id, Sekretariat Daerah (Setda) Wajo mengalokasikan anggaran penyediaan kebutuhan rumah tangga bagi kepala, wakil, hingga sekretaris daerah pada APBD 2021.

Pagu anggaran untuk Amran Mahmud yang paling tinggi, sebesar Rp1.609.997.000. Sementara wakilnya, dua kali lipat lebih rendah hanya Rp620 juta, dan sekda Amiruddin hanya Rp104 juta.

Asisten III Setda Wajo, Narwis mengatakan, pagu anggaran sebesar itu terbagi beberapa kegiatan belanja. Untuk makan dan minum sekitar Rp1,5 miliar, perlengkapan Rujab gorden Rp10 juta, serta peralatan rumah tangga Rp90 juta.

“Dominan anggarannya ke belanja makanan dan minuman. Karena Pak Bupati orangnya suka menjamu tamunya dengan makanan,” ujarnya, Kamis, 4 Februari.

Mantan Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wajo ini menyebutkan belanja makan dan minum tersebut, seperti jamuan kue tradisional, prasmanan untuk tamu VIP dari kabupaten, provinsi hingga pemerintah pusat.

“Makanya anggaran kebutuhan rumah tangga bupati lebih besar dibandingkan wabup dan sekretaris daerah,” jelasnya.

Sementara, untuk belanja peralatan di Rujab Rp90 juta seperti pengadaan 3 unit AC senilai Rp22,5 juta, aquarium Rp15 juta, lemari Rp12,5 juta, mesin cuci Rp25 juta, dan penyedot debu Rp15 juta.

Bupati Wajo, Amran Mahmud menyampaikan, anggaran ini digunakan untuk menjamu tamu dengan baik. Seperti pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat yang datang di Rujab.

“Filsafat bugis memang seperti itu. Orang bugis menganggap tamunya dianggap sebagai raja. Ada bentuk penghargaan tersendiri kepada tamu ketika dijamu dengan baik,” ujarnya. (*)

Komentar

VIDEO TERKINI