Permintaan Plasma Konvalesen Meningkat, Penyintas Covid-19 Diharapkan Ikut Donor

Selasa, 9 Februari 2021 18:01

(IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Permintaan donor plasma konvalesen di Kota Makassar terus mengalami peningkatan. Diketahui plasma konvalesen ini menjadi salah satu alternatif pengobatan virus Covid-19 saat ini.

Oleh karena itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar terus berupaya mencari penyintas Covid-19 yang ingin mendonorkan plasma darah. Tercatat hingga sore ini, Selasa 9 Februari 2021, PMI Makassar berhasil mengumpulkan sebanyak 37 pendonor plasma konvalesen.

“Yang berhasil mendonor Persian tadi itu ada 35, ada tambahan 2 tadi jadi totalnya 37 sampai saat ini,” ujar Kepala Seksi Humas & P2D2S UTD PMI Kota Makassar, Achmad Syauki, Selasa (9/2/2021).

Kendati demikian, ia mengklaim jumlah tersebut masih sangat kecil, mengingat angka penularan virus Covid-19 di Kota Makassar terus meningkat.

“Plasma konvalesen ini memang sangat diharapkan. Apalagi, tidak sembarang pasien yang bisa diberikan. Harus atas rekomemdasi atau permintaan dokter,” ujar Syauki

Menurutnya belakangan ini, permintaan plasma konvalesen dari dokter cukup tinggi. Hal itu lantaran metode pengobatan plasma konvalesen dinilai efektif.

Achmad Syauki berharap penyintas Covid-19 dapat ikut andil menjadi relawan. Sebab, hanya penyintas yang mampu melakukan donor plasma konvalesen, terutama laki-laki.

“Kami mengimbau masyarakat untuk mau mendonorkan plasma darahnya, karena permintaan plasma konvalesen sangat tinggi,” ucapnya.

“Itu pun harus melalui screening dahulu, karena tidak semua bisa lolos. Ada proses pengecekan titer antibodi dan sebagainya sebelum melakukan donor plasma konvalesen,” jelasnya.

Persyaratan lain yang mesti dilalui adalah memenuhi standar usia, yakni 16 hingga 60 tahun. Begitupun dengan berat badan minimal 55 kilogram.

“Mesti dipastikan juga tidak mengandung penyakit berbahaya,” pungkasnya. (Mg5/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI