Menapaktilasi Jejak-jejak Indah ANC Hipnoterapi

Selasa, 23 Maret 2021 22:06

FAJAR.CO.ID, MASAMBA– Entitas negara bernama pemerintah di dalam menjalankan roda birokrasi, dimobilisasi oleh tiga hal, yaitu anggaran, pelayanan publik, dan inovasi. Angaran adalah instrumen utama untuk menggerakkan roda organisasi bernama pemerintah di semua level. Tanpa kekuatan rupiah, mustahil menghadirkan pembangunan yang bermuara kepada kesejahteraan. Pun mustahil menggerakkan roda perekonomian yang saat ini sedikit lesu akibat pandemi COVID-19.

Namun demikian, anggaran yang besar pun, jika tidak didukung oleh pelayanan yang prima dari pemerintah, maka juga akan berakhir sia-sia, karena pelayanan adalah wajah pemerintah yang begitu nyata terlihat di masyarakat. Tanpa pelayanan publik, pemerintah bagaikan batu karang di tengah lautan lepas dihantam badai gelombang. Tentu pemerintah menyadari bahwa pelayanan publik menjadi instrumen penting dalam menghadirkan sisi kenyamanan publik.

Ketika pemerintah memiliki anggaran yang besar, dan pelayanan publik yang juga paripurna, maka hal lain yang menjadi perhatian adalah bagaimana memberikan sentuhan inovasi terhadap pelayanan publik yang telah dihadirkan guna menghilangkan stigma bahwa pelayanan publik saat ini terlihat kaku dan terkesan monoton. Itulah kemudian, inovasi pelayanan publik, sejak 2014 mulai dikompetisikan oleh pemerintah, mulai dari pusat sampai ke daerah.

Dan sejak itu pula, beragam inovasi dihadirkan, baik lingkup kementerian maupun pemerintah daerah, termasuk BUMN dan BUMD. Inovasi-inovasi ini rupanya mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

Nah, Kabupaten Luwu Utara, pernah menempatkan satu inovasi di jajaran elit TOP 40 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) Kementerian PAN-RB, sebagai inovasi yang bersifat “outstanding” alias terpuji.

Penentuan top inovasi terpuji tak mudah. Inovasi harus melewati serangkaian tahapan ketat dari Tim Penguji Independen. Selain bermanfaat besar, inovasi di jajaran TOP 40 adalah inovasi yang memiliki kebaruan, keunikan, efektif, bisa direplikasi dan yang terpenting, inovasi harus berkelanjutan (sustainable). Adalah Antenatal Care Hipnoterapi atau lebih dikenal dengan ANC Hipnoterapi. Dua penghargaan top diraih, yaitu TOP 99 dan TOP 40 KIPP Sinovik 2018.

Komentar

VIDEO TERKINI