Kelas YESS Diskop Pacu Jiwa Wirausaha Melalui Game Business

Senin, 5 April 2021 14:44

fajar.co.id, makassar — Program sekolah wirausaha muda yang digagas Diskop UKM Sulsel “Young Entrepreneur School Sulsel”  merupakan komitmen Dinas Koperasi dan UKM menciptakan SDM yang berkualitas di Sulawesi Selatan.

Pada pembelajaran pekan ke-3, Minggu 4 April 2021 di KUKM Center Pettarani, siswa YESS diajak untuk belajar bisnis melalui permainan atau business game ”siklus usaha dasar”.

Game business adalah permainan untuk memberikan pengalaman ‘praktis’ dalam menjalankan usaha dalam suatu ruang pelatihan, dan dirancang untuk memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengambil keputusan-keputusan dan konsekuensinya. Game business modul ini dikembangkan oleh lembaga perburuhan internasional (ILO).

Kegiatan ini dipandu fasilitator YESS, Bahrul ulum llham, Ahyar Muawwal, Bahtiar Baso dan Devi. Fasilitator YESS, Bahrul ulum Ilham mengatakan, game atau bisnis ini menekankan pengetahuan mengenai siklus dasar sebuah usaha, bagaimana pemanfaatan modal yang terbaik.

Juga cara menjaga arus kas positif, pentingnya pencatatan, kerjasama dalam tim bisnis serta pentingnya perencanaan keuangan untuk bisnis, kebutuhan sehari-hari dan tabungan, ujar Bahrul yang juga certified Trainer modul Start and Imrove Your Business (SIYB) ILO.

“Permainan ini sangat seru karena memberikan pengalaman `praktis’ bagi siswa dalam menjalankan usaha dalam suatu ruang pelatihan, dirancang untuk memberikan kesempatan peserta mengambil keputusan dan menghadapi konsekuensi yang harus mereka lakukan, dalam dunia usaha yang sesungguhnya,” tambahnya

Meskipun berlangsung singkat, peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan dan menikmati serunya bermain game bisnis sehingga mereka merasa seolah-olah sedang menjalankan sebuah usaha.

Ini terbukti dari kesaksian mereka di akhir permainan saat mengkaji poin pembelajaran yang mereka dapatkan melalui game.

Kepala Diskop Sulsel, Abd Malik Faisal mengatakan, program yang tengah berjalan ini berdurasi selama tiga bulan. Pada bulan pertama peserta akan diberikan motivasi dan perubahan mindset, di bulan ke dua peserta diberi kesempatan untuk menentukan produk yang akan diolah, dan di bulan ketiga peserta akan terjun kelapangan. (*)

Komentar

VIDEO TERKINI