Masyarakat Sinjai Acungi Jempol Program Rumah Singgah yang Digagas Bupati ASA

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Program unggulan Rumah Singgah Pasien (RSP) yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam membantu masyarakat yang tengah menjalani pengobatan di Rumah Sakit Kota Makassar patut diacungi jempol.

Pasalnya, keberadaan Rumah Singgah tersebut sangat membantu warga yang berasal dari seluruh pelosok di Bumi Panrita Kitta untuk beristirahat saat mengantar keluarga yang berobat di Rumah Sakit Kota Daeng dengan gratis tanpa perlu mencari penginapan berbayar.

Program inovatif ini diperuntukan bagi masyarakat yang tidak mampu saat sedang mendapatkan perawatan di rumah sakit (RS) Makassar. Seperti di RS Wahidin, RS Daya, RS Labuang Baji dan RS Haji. Rumah singgah pasien itu beralamat di Kompleks BTN Wesabbe Blok C Nomor 53 dan nomor 54, serta di Jalan Descartes Perumahan Dosen UNHAS Blok AG nomor 4.

Bupati Sinjai Andi Seto Ghaditsa Asapa menjelaskan, rumah singgah pasien tersebut merupakan tempat persinggahan sementara pasien dan pendamping dan merupakan program pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah atau Jamkesda Plus melalui penyediaan sarana dan prasarana berupa fasilitas akomodasi, alat transportasi dan konsumsi bagi pasien dan pendamping pasien yang di rujuk di rumah sakit rujukan tingkat lanjut.

Menurut Andi Seto, tujuannya untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi pasien miskin atau tidak mampu di daerah yang dirujuk ke rumah sakit rujukan tingkat lanjut.

Juga untuk mendekatkan akses dan mencegah terjadinya keterlambatan penanganan pada pasien rujukan tingkat lanjut.

  • Bagikan