Tingkatkan Kompetensi Tenaga Konstruksi, Bupati Sinjai Programkan Pelatihan Uji Sertifikasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Kabar baik datang bagi pelaku jasa konstruksi di Kabupaten Sinjai. Pasalnya tahun ini, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) memprogramkan pelatihan uji sertifikasi untuk tenaga kerja yang bergelut dengan jasa konstruksi.

Menurut Bupati ASA, program pelatihan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi tersebut mulai dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu.

Program ini kata Bupati ASA, tidak lain agar untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi para tenaga kerja konstruksi di Kabupaten Sinjai.

"Sejak tahun 2019 kita sudah programkan dan siapkan anggarannya, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi tenaga kerja konstruksi kita untuk bekerja karena tidak dipungut biaya sama sekali ", tandasnya.

Terpisah, Kasi Pengaturan Jasa Konstruksi Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR Sinjai, Akmal mengatakan, pelatihan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Kabupaten Sinjai dalam waktu akan dilaksanakan dengan menggandeng Balai Jasa Konstruksi wilayah VI Makassar.

Program ini merupakan salah satu program Bupati ASA dalam meningkatkan keterampilan Sumber daya manusia (SDM), khusus tenaga kerja konstruksi, sekaligus tertuang dalam rencana strategis (renstra) Pemkab Sinjai.

"Kegiatan ini merupakan program pak Bupati (ASA Red) yang tertuang dalam program renstra Kabupaten Sinjai untuk menciptakan tenaga terampil konstruksi, yang mana ditargetkan 100 tenaga terampil setiap tahun," ungkap Akmal.

Lebih lanjut dikatakan, pelatihan uji sertifikasi ini sesuai Undang-Undang nomor 2 tahun 2017 tentang konstruksi. Dimana para pekerja konstruksi dalam sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi maka diwajibkan untuk memiliki sertifikat kompetensi.

  • Bagikan