Santai Setitik di Celebes Canyon, Eksotisme Tebing Batu Cadas dan Jernihnya Aliran Sungai

Jumat, 2 Juli 2021 13:07

FAJAR.CO.ID, BARRU — Pesona wisata Sulawesi Selatan tak melulu soal pantai dan keelokan alam bawah lautnya. Untuk mengisi liburan lebaran kamu, Sulsel menawarkan wisata alternatif selain bahari yang tentunya tak kalah menakjubkan.

Celebes Canyon atau Pegunungan Batu Celebes, yuk kita menikmati suasana wisata darat yang tak kalah memukau. Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Barru. Celebes Canyon terletak di desa Libureng, kabupaten Barru, sekitar 114 Km dan memakan waktu sekitar 3 jam dari Kota Makassar.

Untuk menempuh tempat ini dari kota Makassar sendiri tidak sulit. Dari Makassar menuju ke arah kabupaten Barru melewati kabupaten Maros melewati jalan makassar-maros, di maros perjalanan dilanjutkan melalui jalan pangkajenne-barru.

Setelah sampai di Barru, perjalanan dilanjutkan menuju kecamatan Tanete Riaja, Desa Libureng. Sampai di desa tinggal mengikuti papan yang menuju tempat Celebes Canyon dengan berjalan melalui jalan jalan kecil melewati persawahan sekitar 20 menit.

Netizen menamainya Celebes Canyon karena penampakannya yang sekilas mirip dengan obyek wisata Grand Canyon di Amerika Serikat.

Celebes Canyon adalah ngarai yang senada dengan Taman Nasional Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat. Hanya saja ngarainya tidak tinggi. Celebes Canyon terbentuk dari batuan sedimen di aliran Sungai Ule di Dusun Watu, Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru.

Lokasi wisata cadas bebatuan dan susunan bukit batu ini semakin terkemuka di kalangan pelancong domestik dan mancanegara, terutama bagi para penggemar kegiatan daki gunung dan hiking.

Biaya masuk yang ditetapkan oleh pengelola hanya Rp2.500 saja. Setibanya di lokasi ini, kamu akan disambut oleh hamparan sawah dan ladang yang hijau sejauh mata memandang. Asyik juga untuk berjalan-jalan menyusuri area ini sebelum tiba ke atraksi utamanya – Celebes Canyon.

Komentar

VIDEO TERKINI