Unismuh dan Universitas Sains Malaysia Kolaborasi Gelar Lomba Artikel Internasional

Selasa, 3 Agustus 2021 18:51

IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah Makassar dan Centre for Policy Research and International Studies Universiti Sains Malaysia (CenPRIS USM) berkolaborasi menggelar kegiatan Lomba Artikel Internasional.

Hal itu disampaikan Plt Ketua Prodi Magister Pendidikan Sosiologi Kaharuddin PhD, di Kampus Unismuh Makassar, Selasa (3/8/2021).

Menurutnya, kolaborasi ini diinisasi Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh, saat menggelar Workshop Metodologi penelitian dengan mengundang peneliti CenPRIS USM Prof Reevany Bustami, beberapa waktu lalu.

“Dalam kegiatan tersebut, tercetus ide kolaborasi riset seputar Nusantara, yang meliputi beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand dan Filipina,” jelas Kahar.

Sebagai langkah awal, kami mendorong kolaborasi agar mahasiswa mau menulis topik-topik yang terkait dari isu kenusantaraan dari berbagai perspektif.

“Mahasiswa bisa menulis topik seputar nusantara dari perspektif Sosiologi, Pendidikan, Sejarah, Politik, Kesehatan, Teknologi, Ekonomi, Komunikasi dan lain-lain,” jelas Alumni Program Doktor Universitas Teknologi Malaysia ini.

Kedepan, kata Kahar, kerjasama ini bisa ditindaklanjuti dengan kolaborasi dosen dalam penelitian, maupun menulis di jurnal internasional.

Kolaborasi internasional tersebut, dikoordinasikan melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) Unismuh Makassar.

“Kami apresiasi langkah kerjasama internasional yang dirintis teman-teman Sosiologi. KUI Unismuh siap memberikan dukungan maksimal, agar lomba artikel ini dapat diikuti secara maksimal oleh mahasiswa dari berbagai Prodi yang ada di Unismuh,” ujar Kepala KUI Unismuh Maharida.

Ia juga berharap Kerjasama yang bersifat permanen antara USM dan Unismuh dapat dilanjutkan secara lebih intensif.

Harapan Universitas Sains Malaysia

Sementara itu, peneliti CenPRIS USM Reevany Bustami juga menyambut gembira kerjasama antara Unismuh dan USM ini.

Komentar

VIDEO TERKINI