Catatan Torehan Kontribusi Pertamina Patra Niaga di Sulawesi Selama 2021, BBM Satu Harga hingga Proper Emas

  • Bagikan
Ilustrasi BBM

Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara rutin setiap tahunnya menggulirkan program pemeringkatan perusahaan (PROPER) berdasarkan kepatuhannya terhadap aspek lingkungan, tidak melakukan pencemaran bahkan mampu melakukan penghematan energi hingga memberikan manfaat serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar melalui program CSR nya.

Perlu diketahui, bagi Perusahaan yang melakukan program CSR yang baik terhadap masyarakat sekitar ia berhak mendapatkan predikat PROPER Hijau dan apabila telah diraih selama 3 tahun berturut-turut tanpa putus perusahaan tersebut berhak dicalonkan sebagai kandidat PROPER Emas, Penghargaan tertinggi yang diberikan terhadap perusahaan yang tak hanya patuh terhadap lingkungan, namun melalui inovasi sosialnya mampu memberikan nilai tambah signifikan terhadap masyarakat. Penilaian dilakukan secara independen oleh Dewan PROPER terdiri dari pakar yang mewakili beberapa unsur yakni Pers, Akademisi, Pemerhati Lingkungan Perempuan dan Anak, serta Kebijakan Publik dan Konsumen.

“Penghargaan PROPER ini merupakan bukti bahwa CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi tidak hanya sekedar charity memberikan donasi/bantuan kemudian selesai. Namun programnya lebih kearah inovasi sosial yang dilakukan melalui social mapping yang terukur, riset terhadap inovasi sosial yang mendapatkan afirmasi beberapa universitas dan balai teknologi serta hubungan baik dengan masyarakat sehingga menciptakan creating shared value (CSV). Tentunya, ini sebagai pengakuan publik dan pemerintah bahwa CSR kami ’bukan kaleng-kaleng’” ujar Laode.

  • Bagikan