Kenalan dengan Ghozali, Pemuda yang Jual Foto NFT, Kini Kantongi Puluhan Miliar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan nama “Ghozali Everyday” yang menjual foto melalui platform jual beli NFT (Non-Fungible Token), yakni Opensea.

Pria bernama Ghozali asal Indonesia itu telah mendapatkan keuntungan mencapai miliaran rupiah dari penjualan foto selfie dirinya sendiri.

Ghozali menjual foto selfienya tersebut di e-commerce OpenSea dengan naman akun “Ghozali Everyday” dan kini telah bernilai Rp13,3 miliar.

Trending Ghozali di Twitter hingga kini telah mencapai lebih dari 21 ribu tweets dan terus bertambah seiring rasa penasaran netizen.

Dari data yang telah dikumpulkan, NFT merupakan sebuah aset digital yang dapat mewakili barang berharga dengan nilai tukar yang tak bisa diganti.

Transaksi NFT tercatat dalam sebuah data di blockchain dan berisi informasi yang berkaitan dengan pencipta, harga, serta histori kepemilikan aset NFT.

Trending Ghozali bermula dari cuitan sang pemilik akun @Ghozali-Ghozaku yang menceritakan mengenai NFT foto selfienya. Item koleksi foto selfie tersebut ia ambil sejak tahun 2017 hingga 2021 dan dilakukannya setiap hari di depan komputer.

“Itu benar-benar gambar saya berdiri di depan komputer hari demi hari,” tulis Ghozali di profil OpenSea.

Sedangkan di akun Twitternya, sang pemilik foto selfie seharga belasan miliar rupiah tersebut menuliskan:

“Sudah 3 hari dan meninggalkan 331 NFT terjual. Untuk beberapa tahun ke depan saya tidak akan daftar. Anda dapat melakukan apa saja, tetapi tolong jangan menyalahgunakan foto saya. Saya percaya pada kalian jadi tolong jaga foto-foto saya,” ujarnya.(msn/fajar)

  • Bagikan