Jejak Hamka B Kady di Bendungan Pamukkulu Takalar, Backup Air Baku hingga Pembangkit Listrik

  • Bagikan
Komisi V DPR meninjau pembangunan Bendungan Pamukkulu, Takalar, Sulsel, Sabtu (29/1/2022)

FAJAR.CO.ID, TAKALAR -- Komisi V DPR RI memastikan pembangunan Bendungan Pamukkulu yang terletak di bagian hulu Sungai Pappa Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Hal ini mengemuka saat Komisi V meninjau langsung bendungan Pamukkulu, Sabtu (29/1/2022).

Anggota Komisi V DPR yang berasal dari Daerah Pemilihan Takalar, sekaligus legislator yang merintis pembangunan bendungan Pamukkulu, Hamka B Kady mengaku bangga dan berterima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR sehingga bendungan ini bisa terealisasi.

Anggota Komisi V DPR Hamka B Kady

"Rintisan proyek ini sejak 2014, ini janji saya saat pertama kali terpilih menjadi Anggota DPR adalah menyelesaikan bendungan Pamukkulu, Kabupaten Takalar," ujar Hamka B Kady.

Pembangunan Bendungan Pamukkulu ini dibangun sejak 15 November 2017. Hamka menyatakan, kala itu pembebasan lahannya menemui hambatan cukup rumit.

Namun lambat laun, masalah tersebut menemui titik temu dan solusi mengingat manfaat bendungan ini untuk kemaslahatan rakyat Takalar.

Progres konstruksinya pun sudah mencapai 28 perseb dan saat ini tengah dilakukan upaya percepatan sehingga dapat diairi pada awal tahun 2024.

Hamka menjelaskan tujuan utama bendungan ini harus dibangun untuk meningkatkan keberlangsungan suplai air bagi lahan pertanian di Provinsi Sulsel sebagai lumbung pangan nasional.

Pertama pengairan sawah di Takalar sangat bergantung dari Gowa. Sehingga bendungan ini nantinya 95 persen untuk kepentingan rakyat Takalar.

"Ada 6.150 hektar sawah yang akan diairi. Sehingga nantinya rakyat Takalar bisa sejahtera. Selama ini bergantung dari bendungan Bili-bili Gowa," jelasnya.

  • Bagikan