PMTI Genap 18 Tahun, Pesta Kuliner dan UMKM Khas Toraja

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA -- Usia Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) pada tahun 2022 ini genap berusia 18 tahun.

Kali ini, organisasi Paguyuban suku Toraja atau Sangtorayaan yang dipimpin oleh Jenderal TNI (purn) Yulius Silvanus Lumbaa ini menggelar peringatan Hari Ulang Tahun PMTI di kampungnya sendiri di Tana Toraja.

Ratusan tokoh masyarakat dan publik figur asal Tana Toraja datang dari berbagai pelosok negeri untuk turut serta memeriahkan rangkaian kegiatan ulang tahun dengan melibatkan semua elemen dalam masyarakat Toraja.

Pesta yang digelar di halaman Gereja Toraja Jemaat Rantepao sejak Selasa, 19 April 2022, semakin meriah dengan hadirnya semua elemen masyarakat pada acara pameran kuliner dan UMKM khas Tana Toraja.

Para pelaku UMKM datang berbondong-bondong dari seluruh penjuru daerah Tana Toraja membawa beraneka ragam produk kerajinan tangan tradisional seperti kerajinan bambu, anyaman, souvenir, kain tenun dan lainnya.

Segala jenis merk kopi lokal Toraja juga hadir menyajikan citarasanya. Produk kuliner unggulan Toraja ini jelas menjadi salah satu perhatian utama dalam perhelatan pameran UMKM PMTI.

Menariknya, sebagian dari pelaku UMKM yang mengikuti pameran, mengaku bahwa mereka sengaja pulang kampung untuk ikut berkontribusi.

Mereka meramaikan pameran hasil kerajinan tangan khas Toraja seperti kain tenun, batik, baju dan pernak pernik. Meski sudah berupa produk kontemporer dengan berbagai varian, namun motif tradisional khas Toraja masih menjadi desain brand utamanya.

  • Bagikan