Wisuda Mahasiswa DDI Mangkoso, Ini Pesan Bupati Barru

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU -- Bupati Barru, Suardi Saleh, menghadiri acara wisuda Mahasiswa Ma'had Aly Ponpes DDI Mangkoso di Gedung Islamic Center Barru, Minggu (22/5/2022).

Di acara Wisuda mahasiswa DDI Mangkoso ini, Suardi Saleh berpesan, setinggi apapun ilmu yang engkau miliki, kerendahan hati jualah yang membuatmu semakin mulia.

Lebih lanjut Suardi Saleh mengingatkan, teruslah belajar sampai jenjang yang tertinggi. Namun sadarilah keilmuanmu tidak akan berarti bila tidak ditopan dengan keimanan dan budi pekerti serta akhlak yang baik.

"Setinggi apapun ilmu yang engkau miliki,  kerendahan hati jualah yang membuatmu semakin mulia,” ungkapnya.

Kepada para mahasantri yang diwisuda,  Bupati mengingatkan bahwa, bukan hanya sarjana ilmu, namun juga kalian adalah sarjana agama. Karena itu tampillah sebagai ilmuwan yang agamawan atau sebagai agamawan yang ilmuwan.

Bupati dua periode ini berharap para wisudawan/wisudawati agar menanamkam semangat ilmiah sekaligus amaliah, sebab begitu banyak sarjana-sarjana baru yang dilahirkan di negeri ini namun terkadang ilmu yang dimilikinya tidak dipertanggungjawabkan melalui pengamalannya. "Kalian semua bukan sekadar lahir dari Perguruan Tinggi, tapi juga lahir dari Pondok Pesantren," katanya.

Suardi juga mengungkapkan perbedaan antara sekolah dan kehidupan. Di Sekolah katanya kita belajar, dan setelah belajar baru kita ujian. Sementara dalam kehidupan ini kita diberikan ujian yang akan membuat kita belajar. Karena kehidupan ini merupakan buku hikmah yang jumlah halamannya sebanyak jumlah usia kita.

  • Bagikan