Balitbangda Makassar Beri Pendampingan ke Pemkab Pangkep dalam Pengembangan Inovasi Daerah

  • Bagikan
Balitbangda Makassar pendampingan Pemkab Pangkep

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Langkah Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar menjadi acuan kelitbangan di Sulsel terus terlihat. Hal itu ditunjukkan lewat pendampingan kelitbangan dan inovasi daerah ke Pemda Pangkep.

Penerimaan kunjungan studi tiru itu dilakukan Bappelitbangda dan Inovator Perangkat Daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Pangkep di Ruang Sipakalebbi, Selasa, (14/06/2022).

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemkot Makassar, Irwan Bangsawan dan Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie.

Andi Bukti menyampaikan hal ini sebagai bukti bahwa perkembangan yang ada di Balitbangda Makassar sudah bisa menjadi corong bagi daerah-daerah di Sulsel. "Hanya saja, kita tidak bisa berpuas atas hal itu, justru dari kunjungan ini kita juga belajar apa yang perlu diserap dari daerah ke Makassar," katanya.

Tidak hanya itu, studi tiru ini tidak sekadar memaparkan kelebihan Makassar. Pihaknya juga belajar banyak atas apa yang Pemda Pangkep kembangkan.

Sehingga ke depan sinergitas antardaerah bisa berjalan dengan baik. "Kunjungan ini menunjukkan bahwa inovasi yang dikembangkan tidak boleh asal-asalan, karena daerah-daerah sudah silih berganti datang menjadikan apa yang dikerjakan Pemkot Makassar sebagai acuan mereka," ucapnya.

Untuk itu, Andi Bukti Djufrie tetap mendorong organisasi perangkat daerah (OPD) lebih inovatif dalam menciptakan program. Dan lebih merujuk ke kepentingan luas bukan hanya lingkungan mereka saja. (sal/fajar)

  • Bagikan