Unhas Kukuhkan Dua Guru Besar Baru Bidang Ilmu Antropologi Budaya dan Bidang Elektronika Sistem Digital

  • Bagikan
IST

Dia menjelaskan bahwa pergerakan dan aktivitas kehidupan manusia seyogyanya di desain, khususnya dalam membangun peradaban suatu perguruan tinggi yang berkarakter maritim memerlukan desain model sebagai rekayasa sosial budaya yang holistik.

Prof Takko mengatakan melalui karya sastra dapat dirumuskan suatu model pergerakan menuju suatu peradaban yang unggul salah satunya model pembentukan karakter maritim pada model perahu welenrengnge.

Perahu ini berhasil membawa Sawerigading beserta rombongan dari tanah bugis sampai ke tanah Cina. Dalam pelayarannya mengarungi samudera, mereka senantiasa sukses dan berjaya. Meskipun tidak sedikit ada rintangan dan tantangan dalam perjalanan memperlihatkan karakter maritim.

"Mengubah perilaku seseorang atau sekelompok orang memerlukan waktu yang cukup. Akan tetapi, dengan skenario tahapan yang terprogram dan teregulasi akan terwujud karakter maritim. Model ini berasumsi bahwa apa yang selalu didengar, dilihat, dibaca, dikaji, diperbincangkan dan dilakoni akan merasuk kedalam diri setiap orang sadar atau tidak. Sehingga dapat mengubah dan membentuk model karakter kediriannya," jelas Prof. Takko.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Faizal memaparkan hasil penelitiannya berkaitan dengan "Jaringan On-Chip sebagai Pondasi dalam Mewujudkan Sistem Komputer Digital Mutakhir dan Inovatif".

Lanjut kata dia, kecepatan operasi yang tinggi dan tingkat konsumsi daya yang rendah merupakan fitur paling penting bagi pengguna gadget elektronik.

Dia mengatakan, dengan tingkat konsumsi daya yang rendah, maka konsumen akan jarang untuk melakukan proses pengisian ulang baterai listrik.

  • Bagikan