822 Mahasiswa dari 45 Kampus Bakal Ikuti Pelepasan KKN Muhammadiyah – Aisyiyah di Unismuh

  • Bagikan

Narasumber pelatihan tersebut yakni Dr Syamsia (Unismuh Makassar), Prof Suswandari (UHAMKA), Prof Muhtadi (UM Surakarta), dan Dr Iradhatullah (UM Parepare).

Pada malam harinya, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bakal menjamu tamu dari 45 kampus tersebut di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jl Jend Sudirman Makassar.

Selain para tamu, tiga bupati yang bakal menjadi tuan rumah KKN-MAs juga dijadwalkan hadir dalam perjamuan tersebut. Ketiganya yakni Bupati Maros AS Chaidir Syam, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, dan Bupati Takalar Syamsari Kitta. Pimpinan Daerah Muhammadiyah di tiga kabupaten tersebut juga turut diundang.

Tujuan KKN MAs

Arif Muhsin yang juga merupakan Sekretaris Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar menambahkan, KKN MAs merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan pembimbing lapangan dari PTMA se-Indonesia.

Menurutnya, program yang akan diimplemetasikan memiliki tiga model. Pertama, Program Pokok, yakni program yang direncanakan bersama dengan masyarakat (pendanaan, waktu, teknik/konsep/teknologi/inovasi).

Kedua, Program Bantu, merupakan program yang telah direncanakan oleh masyarakat dan mahasiswa diminta untuk membantu pelaksanaan program tersebut.

Terakhir, Program Kemuhammadiyahan, adalah program yang dilaksanakan dalam rangka mendukung gerak dakwah Muhammadiyah setempat, seperti pembuatan peta dakwah Muhammadiyah, pemberdayaan ranting dan cabang Muhammadiyah serta penguatan amal usaha Muhammadiyah. (Ikbal/fajar)

  • Bagikan