PKK Parepare Studi Tiru di Desa Wisata Penglipuran Bali, Erna Taufan Ajak Kembangkan Ekonomi Warga

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BALI - Pengurus Tim Penggerak (TP) PKK Kota Parepare studi tiru di Desa Penglipuran, Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Jumat, (5/8/2022). Ketua TP PKK Kota Parepare Erna Rasyid Taufan meminta pengurus PKK meniru potensi Desa Penglipuran untuk mengembangkan ekonomi di Parepare.

Erna Rasyid Taufan memimpin kunjungan studi tiru TP PKK Parepare yang terdiri dari Pengurus PKK Kota, Ketua TP PKK Kecamatan dan kelurahan. Kunjungan dilakukan 4 hingga 7 Agustus 2022.

Menurut Erna, Desa Penglipuran dipilih sebagai lokasi studi tiru lantaran desa wisata
yang kaya akan daya tarik budaya dan tradisi. Bangunan arsitektur yang dilestarikan secara turun temurun ini merupakan desa yang mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Desa Terbersih di Dunia.

Berkat kebersihan dan kerapiannya, desa wisata yang terletak di Bangli ini juga berhasil menyabet beberapa penghargaan, seperti Kalpataru, ISTA (Indonesia Sustainable Tourism Award) pada tahun 2017, dan yang terbaru, destinasi ini masuk dalam Sustainable Destinations Top 100 versi Green Destinations Foundation.

Dan menariknya, desa ini mampu menumbuhkan ekonomi kreatif warganya yang berjumlah 200 KK. Rumah mereka menjadi ladang penghasilan dengan ekonomi kreatif, seperti membuat kerajinan tangan untuk oleh-oleh yang diperjualbelikan di halaman rumah mereka.

Oleh karena itu, Erna Rasyid Taufan berharap para Pengurus PKK dapat memanfaatkan momen studi tiru itu untuk mengadopsi potensi yang ada dalam mengembangkan perekonomian warganya.

  • Bagikan