Utusan Khusus Presiden Obama ke Negara-negara Muslim Raih Gelar Doktor Kehormatan dari Unhas, Ini Profilnya

  • Bagikan
Dr Bruce Michael Alberts

KFoSS telah menghasilkan lebih 300 alumni di Indonesia, termasuk sejumlah pengajar/peneliti dari Universitas Hasanuddin. Tiga belas orang alumni symposium (tiga dari Universitas Hasanuddin) kemudian difasilitasi oleh AIPI untuk menyusun laporan konsensus ‘SAINS45 - Agenda Ilmu Pengetahuan Indonesia Menyongsong Satu Abad Kemerdekaan’ yang merupakan kumpulan 45 pertanyaan ilmiah mendasar untuk mendorong kemajuan bangsa Indonesia. Buku ini diterbitkan oleh AIPI dalam Bahasa Indonesia dan Inggris di mana Dr Alberts berperan kunci sebagai Penasihat dan Editor.

Buku yang menginspirasi generasi muda di Indonesia dan dunia akan pentingnya sains dan budaya ilmiah unggul serta perangai ilmiah (scientific temper) diluncurkan di kediaman mendiang Profesor B.J. Habibie pada 2015. Buku SAINS45 berpengaruh luas dalam pengambilan kebijakan sains di Indonesia dan telah dilanjutkan dengan terbitnya laporan konsensus Sains untuk Biodiversitas Indonesia (2019, dwibahasa). Dari penyusunan SAINS45, lahirlah Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI), yang dipersiapkan oleh 13 alumni symposium di atas. Profesor Jamaluddin Jompa, Rektor Universitas Hasanuddin, adalah Ketua Komite Studi SAINS45 dan Ketua pertama ALMI.

Secara personal, Dr. Alberts adalah seorang pribadi bersahaja, hangat dan bersahabat. Setiap kali berkunjung ke Indonesia, sesuatu yang rutin ia lakukan sejak tahun 2010, Dr. Alberts senantiasa mencerahkan sekaligus menyenangkan.

Salah satu pernyataan Dr Alberts yang sangat fenomenal berkenaan dengan sains publik adalah; “Pendidikan dan pengajaran ilmu pengetahuan sejatinya berkenaan tentang belajar berpikir dan memecahkan masalah sebagaimana seorang ilmuwan”. Oleh karena itu ia menekankan kepada semua umat manusia agar menggunakan bukti dan logika dalam mengevaluasi sebuah pernyataan sebagaimana para ilmuwan lakukan.

  • Bagikan