Sulsel Lepas Ekspor Senilai USD 44,43 Juta, Sekda: Persembahan untuk Indonesia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Sekretaris Daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) Abdul Hayat Gani, mewakili Gubernur Sulsel Andi sudirman Sulaiman yang tidak sempat hadir secara, resmi melepas ekspor senilai USD 44,43 Juta atau setara dengan Rp 648,6 Milyar.

Pelepasan ekspor yang digelar di Terminal Peti Kemas PT Pelindo IV Makassar ini, diikuti oleh 39 pelaku usaha ekspor, 23 komoditas, 20 negara tujuan, dengan bolume ekspor 61,59 ribu Ton.

Sekda Sulsel Abdul Hayat, dalam sambutannya mengapresiasi tema kegiatan yang diangkat.Tema yang dimaksud yakni ‘Merdeka Dagang Andalan Sulsel, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.’

“Saya kita itu (ekspor) yang kita persembahkan dalam rangka (peringatan) hari kemerdekaan Republik Indonesia saat ini,” jelas Abdul Hayat, Senin (15/8/2022).

“Detik akhir menjelang kemerdekaan, kita persembahkan ekspor yang lebih kuat, kita tunjukkan swasembada pangan yang lebih kuat untuk dunia,” lanjutnya.

Pria kelahiran Barru ini juga menynggung penghargaan yang diberikan International Rice Research Institute (IRRI) terhadap Indonesia atas swasembada pangan. Menurutnya hal itu patut diapresiasi.

“Hal ini baru terulang lagi sejak jaman Soeharto. Di tengah krisis pangan dunia, krisis geopolitik, dan krisis geostrategis.”

Ia melanjutkan, di masa pandemi ini, ada dua hal yang mesti terus dipertajam. Yaitu investasi dan ekspor. Kata Abdl Hayat, cara untuk membuat investor aman, nyaman, dan terkendali yakni dengan tata ruang yang bagus.

“Kita sudah lakukan itu (pengelolaan tata ruang),” tandasnya.

  • Bagikan