Change Management dan Transisi Pendidikan Indonesia

  • Bagikan

Fase terakhir adalah fase penguatan (reinforcement) di mana perubahan yang terjadi telah menemukan bentuknya dan saatnya mengidentifikasi faktor-faktor kesuksesan yang memungkinkan perubahan itu terjadi. Pada fase ini mengapresiasi tim juga penting, begitu juga menemukan celah-celah perbaikan di masa yang akan datang. Terakhir, kemampuan untuk menafsirkan dan membagikan pengalaman-pengalaman tersebut akan membuat budaya perubahan dan perbaikan semakin subur dalam organisasi.

Communicating Change

Mengomunikasikan perubahan adalah pintu masuk ke semua tahapan perubahan termasuk model ADKAR, sebab kelihaian dan keterampilan berkomunikasi secara jujur, terbuka dan sederhana akan menjadi katalisator dan akselerator proses yang akan berlangsung.

Kejujuran dan keterbukaan selama berjalannya projek perubahan menjadi pondasi, orang-orang harus menangkap pesan yang murni dan menemukan bahwa perubahan untuk mereka bukan untuk orang lain atau sekedar menyukseskan sebuah program. Orang-orang harus diajak melihat lebih dekat dan mendalam sehingga jernih dalam memandang perubahan.

Sederhana bermakna bahwa kita harus mencari cara, simulator, dan bahasa paling sederhana untuk menjelaskan perubahan yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, dan selama perubahan tersebut berlangsung sehingga orang-orang mudah untuk mengikuti prosesnya. Terakhir tentu saja keikhlasan dan ketulusan untuk mewujudkan ekosistem dan atmosfer pendidikan yang gemilang harus menjadi senjata pamungkas. (*)

Taeng, September 2022

  • Bagikan