Buka Bimtek BBKP, Bupati ASA Harap Ekspor Komoditi Porang Sinjai Meningkat

  • Bagikan
Bupati ASA

FAJAR.CO.ID, SINJAI – Balai Karantina Pertanian (BBKP) Makassar melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait akselerasi ekspor komoditi Porang di Kabupaten Sinjai yang berlangsung di aula Wisma Sanjaya, Kamis (20/10/2022).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), Kepala Balai BBKP Makassar, Lutfie Natsir, beserta jajaran serta Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai, H. Kamaruddin.

Bimtek yang digelar BBKP Makassar yang pertama kalinya mengenai komoditi Porang tersebut diikuti para penyuluh pertanian serta petani Porang yang telah memiliki sertifikasi kebun Porang di Kabupaten Sinjai.

Tujuannya, dalam rangka meningkatkan produksi tanaman porang, mengingat Kabupaten Sinjai merupakan daerah yang punya potensi besar dalam pengembangan tanaman porang.

Bupati ASA menyampaikan, Bimtek yang digelar BBKP Makassar memberikan peluang berusaha kepada petani dan pelaku usaha untuk dapat mengembangkan usaha porang dan menjadi pelaku ekspor yang diharapkan ikut memberikan nilai tambah pendapatan kepada para petani di Kabupaten Sinjai.

“Komoditi porang ini bukan merupakan komoditi yang baru bagi petani di Sinjai, namun merupakan komoditi yang sejak dulu sudah dikenal dibanyak wilayah di Indonesia termasuk di Sinjai sebagai komoditi yang potensial untuk dikembangkan dan menjadi salah satu cabang usaha bagi petani,” ungkapnya.

Kepada BBKP Makassar, Bupati berharap kiranya dapat membantu kabupaten Sinjai dalam menghadirkan pabrik pengolahan di Kabupaten Sinjai dan dilakukan pengolahan porang di Sinjai. Apalagi kata dia, di kabupaten Sinjai, Porang ini sebenarnya sudah pernah dilakukan pengolahan dalam bentuk chips dan tepung sebelum dikirim ke Surabaya dan juga pernah dilakukan pengiriman ekspor ke Cina.

  • Bagikan