HUT Gerakan Wanita Sejahtera, St Haeriyah Bohari Ingatkan Stroke Penyebab Kematian Nomor 1 di Indonesia

  • Bagikan
dr. Haeriyah Bohari

FAJAR.CO.ID, MAKASSR -- dr St Haeriyah Bohari mengungkapkan stroke menyerukan pola hidup sehat dari ancaman stoker dalam Peringatan Hari Ulang Tahun ke-67 Gerakan Wanita Sejahtera (GWS) di Baruga Anging Mammiri, Kamis (20/10/2022).

dr St Haeriyah Bohari didaulaut sebagai pembicara Simposium Awam Stroke.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail.

"Di Indonesia, stroke adalah penyebab kematian dan kecacatan nomor satu," kata dr St Haeriyah Bohari dalam paparannya.

Sementara di tingkat dunia, stroke jadi penyebab kematian nomor dua di dunia.

Stroke adalah penyakit pembuluh darah otak/mata/tulang belakang yang terjadi akibat sumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

Ia pun mengingatkan sejumlah pola hidup tidak yang sehat yang bisa memciru stroke. Seperti merokok, obesitas, hipertensi, diabetes melitus, hiperlipidemia, fibrilasi atrium.

"Nah yang harus kita lakukan segera ke rumah sakit. Obat terbaik untuk stroke sumbatan hanya bisa dimasukkan 4,5 jam pertama sejak gejala," kata dr St Haeriyah Bohari.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail mendorong organisasi perempuan se-Kota Makassar berkolaborasi untuk membantu menyukseskan program Pemkot Makassar.

Pernyataan ini disampaikan Indira Yusuf Ismail saat menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun ke-67 Gerakan Wanita Sejahtera (GWS) di Baruga Anging Mammiri, Kamis (20/10/2022).

"Organisasi perempuan berperan besar dalam menyukseskan program yang berkaitan isu sosial dan kesejahteraan. Coba bayangkan kalau berkolaborasi, tentu dampaknya lebih besar," kata Indira Yusuf Ismail.

  • Bagikan