Mahasiswa UIN Lakukan Penelitian Terkait Komunikasi Antarpribadi Guru dan Anak Penyandang Disabilitas

  • Bagikan
Muhammad Faridnan

FAJAR.CO.ID -- Muhammad Faridnan mahasiswa jurusan lmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar angkatan 2019 usai melakukan seminar proposal dengan permasalahan yang diteliti terkait "Komunikasi Antarpribadi Guru dan Anak Penyandang Disabilitas Tunagrahita di SLB Negeri 1 Sidrap".

Mahasiswa yang akrab disapa Farid ini melakukan penelitian terkait masalah komunikasi antar guru dan anak penyandang disabilitas. Farid menuturkan bahwa ia melakukan penelitian ini karena merasa tertarik mengenai isu-isu disabilitas, dan untuk perolehan data ia melakukan pencarian dibeberapa tempat yang memiliki objek penelitian ini.

"Untuk masalah perolehan data dan informasi awal terkait masalah penelitian, sebenarnya berbeda tiap individu. Untuk Saya sendiri, dengan judul proposal 'Komunikasi Antarpribadi Guru dan Anak Penyandang Disabilitas Tunagrahita di SLB Negeri 1 Sidrap', itu Saya tertarik meneliti hal ini karena memang Saya pribadi tertarik mengenai isu-isu disabilitas," katanya.

Di lain sisi Farid sebagai anak komunikasi berpikir bahwa kalau orang yang normal saja terkadang kesulitan untuk melakukan komunikasi, bagaimana dengan orang yang memiliki keterbatasan fisik/mental, contohnya yang dia teliti yaitu tunagrahita.

"Jadi hal tersebut yang buat Saya tertarik dengan penelitian ini. Untuk peroleh data tentunya Saya melakukan pencarian dibeberapa tempat yang memiliki objek penelitian ini, sehingga Saya menemukan beberapa data kalau objek penelitian Saya ini adanya di sekolah luar biasa/slb, dan opsi lain itu sekolah inklusi. Jadi sebelum memulai meneliti ataupun mengerjakan, Saya memang sudah lakukan pra observasi terlebih dahulu. kira-kira di lokasi penelitian ini ada tidak objek yang akan Saya teliti, kira-kira akan memenuhi tidak data-data nantinya yang Saya cari di tempat ini. Kurang lebih begitu, jadi intinya adalah, cari masalah yang akan diteliti, kira-kira apa keunikannya, lalu lakukan pra observasi biar ada data awal" tuturnya.

  • Bagikan