Penanaman Mangrove, Bupati Barru: Jaga Ekosistem Pantai

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU--Pusat Pengendalian Pembangunan Ekonomi Sulawesi Maluku (P3E) SUMA, Universitas Hasanuddin (Unhas) Ika Unhas dan Pemda Barru kolaborasi penanaman Pohon Manrove di area Tambak Unhas Desa Bojo,Kecamatan Mallusetasi,Kabupaten Barru, Selasa (21/12/2022).

Diawali penanaman pohon mangrove oleh Bupati Barru, Ir H Suardi Saleh,Msi didampingi Ketua TP PKK, drg Hj Hasnah Syam, Mars, sekaligus Anggota Komisi IX ,Kepala P3L KLH Sulawesi maluku Unhas dan IKA Unhas

Dalam arahannya Bupati Barru menyampaikan terima kasih kepada Panitia Kabupaten Barru dijadikan pusat penanaman pohon mangrove.

Menurut Suardi Saleh , penanaman mangrove sangat penting untuk menjaga sarana ekosistem bagi biota laut seperti udang dan kepiting dan untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.

Ia berharap penanaman manrove ini terus dijaga dan diperhatikan. Karena adanya tanaman mangrove yang lebat dan rapat dapat menjadi tempat berlindung ikan, udang, dan hewan kecil lainnya. Akar tersebut juga berperan dalam menyediakan makanan untuk hewan laut dan dapat mensejahterakan masyarakat sekitar.

Dia menambahkan, tanaman mangrove juga bisa dijadikan penelitian bagi adik mahasiswa untuk kegiatan penelitian.

Alhamdulillah dua jurusan di Unhas yang ada di Barru sudah memiliki kampus terletak Kantor Bupati Lama.Tujuannya selain karena kebanggaan kami memiliki potensj perikanan juga mendorong SDM di Barru,kata Bupati Barru menutup sambutan dengan pantunnya.

Kepala KP3L Sulawesi Maluku Taufan Nuri mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemda Barru dan Unhas serta IKA atas kegiatan ini.

  • Bagikan