Beri Kemudahan Bagi Pasien, RS Sehat Rakyat Siapkan Pelayanan Kesehatan Via Virtual

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Membantu masyarakat yang ingin melakukan konsultasi kesehatan dengan model jarak jauh atau secara virtual, Rumah Sehat Rakyat (RSR) Virtual konsisten untuk melayani masyarakat.

RSR Virtual melayani konsultasi mengenai, keluhan kesehatan umum, keluhan kesehatan mental, perawatan mandiri positif Covid-19, dan keluhan gejala long Covid-19.

RSR Virtual merupakan salah satu inisiatif intervensi pelayanan kesehatan berbasis telehealt melalui chatbot whatsapp untuk membantu fasilitas kesehatan primer dan layanan telemedicine lainnya untuk melayani masyarakat yang masih kesulitan mendapatkan layanan kesehatan.

Sebelumnya, RSR Virtual hadir di Indonesia saat pandemi Covid-19 hadir di Indonesia. Kasus yang tinggi membuat adanya batasan ruang gerak dari masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah.

"Sehingga, kami munculkan agar supaya masyarakat itu punya dan masih bisa memenuhi hak dasar kesehatannya walaupun dari rumah yaitu dengan mengakses digital platform di whatsapp untuk dapat layanan konsultasi secara gratis oleh tenaga kesehatan (nakes) dan psikolog," kata Project Assistant RSR, Gina Ulfiani Anugerah.

Gina Ulfiani mengungkapkan bahwa saat ini RSR Virtual memiliki 35 orang yang terdiri dari tenaga kesehatan, psikolog, dan admin. Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan masyarakat seperti LBH Makassar untuk melakukan sosialisasi terhadap pelayanan RSR Virtual ini.

"Ada pantauan kondisi dari pasien itu kenakesnya. Jadi nakes itu tetap memantau jadi kalau misalnya pasien ini memerlukan pelayanan yang lebih lanjut itu tentu nakes merekomendasikan untuk hal-hal yang perlu dilakukan oleh pasien saat ingin memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan," ungkapnya pada Diskusi Publik RSR Virtual bersama LBH Makassar pada, Selasa, 7 Februari kemarin.

  • Bagikan