Rektor UNM Ajak Kaum Intelektual Jadi Influencer Tangkal Paham Radikalisme

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Dalam rangka mencegah merebaknya paham radikalisme atau aliran yang menginginkan pembaharuan sosial dan politik dengan sikap ekstrem di kalangan mahasiswa atau kaum intelektual, perlu disikapi dengan serius.

Karena itulah, Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama Nagara Institute bekerja sama melaksanakan kuliah umum dengan tema "Ancaman Radikalisme pada Kaum Intelektual", di Ballroom Teather Pinisi UNM, Jumat (10/2/2023).

Pada kuliah umum tersebut, dihadiri oleh Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng dan Direktur Eksekutif Nagara Institut Akbar Faizal, serta menghadirkan pembicara atau narasumber Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia, Islah Bahrawi.

Rektor UNM, Prof Husain Syam menyampaikan kuliah umum dengan membahasa ancaman paham radikalisme sangat penting disampaikan kepada kaum intelektual agar mahasiswa pada khususnya tidak mudah terpapar paham intoleran tersebut.

"Ini sangat penting untuk kita mengambil bagian, karena bagaimana pun UNM dalam berbagai hal selalu menjadi rutinitas untuk menghadirkan tokoh profesional dalam rangka peningkatan wawasan," ujarnya.

Prof Husain Syam mendorong seluruh mahasiswa untuk lebih dini mencegah paham radikalisme, jangan mudah percaya pada kelompok yang menginginkan pembaharuan sosial politik dengan aturannya sendiri.

"Radikalisme adalah sebuah pemikiran kelompok untuk memaksakan kehendaknya, ini kemudian berbagai cara dilakukan untuk berdiskusi agar tidak merebaknya paham radikalisme yang bisa mengancam keutuhan NKRI," jelasnya.

  • Bagikan