PR Menpora dan Figur Erwin Aksa

  • Bagikan
Mulawarman

Meski belum secara resmi, namun di publik telah beredar beberapa nama. Santer terdengar antara lain Erwin Aksa disebut-sebut figur yang cocok menggantikan Amali. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bahkan memuji Erwin ini sebagai putra Bugis dengan karakter yang pantang mundur. Dia pun hingga kini mempercayakan putra Aksa Mahmud ini sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Strategis sejak dua tahun lalu yang menggantikan Andi Rizal Mallarangeng.

Apresiasi Airlangga mendapat pengakuan dari Sosiolog Unhas, Sawedi Muhammad. Dia menyebut bahwa Erwin salah satu figur representasi Golkar, dengan kedudukannya sebagai Wakil Ketua Umum DPP Golkar Bidang Penggalangan Strategis itu dapat memberikan insentif politik yang besar. Secara khusus, menurut Sawedi, lulusan dari University of Pittsburgh, Pennsylvania ini adalah representasi banyak unsur sekaligus sosoknya memiliki mana simbolik dan politis di posisi Menpora.

Secara simbolis jelas kedudukannya sebagai salah satu pimpinan Golkar. Dari aspek lain, Erwin punya rekam jejak yang panjang di dunia keolahragaan, antara lain pernah menjadi Manajer PSM Makassar dengan berbagai prestasi gemilang, dia pernah menjadi ketua Pertina Sulsel dan juga menjadi pengurus Perbakin (persatuan penembak Indonesia). Di sisi lain, Erwin adalah politsi Golkar berlatarbelakang pengusaha muda yang sukses. Dia juga punya relasi kuasa yang dekat dengan penguasa saat ini.

Hal yang sama disampaikan oleh Fadli Noor eks politisi PSI yang menyebutkan bahwa Erwin figur muda yang cocok menggantikan Amali. Latar belakang serta pengalaman yang dimiliki oleh politisi muda ini akan mampu memegang amanah Menpora tersebut. Di sisi kepemudaan, Erwin berpengalaman sebagai Ketua Hipmi, pengurus AMPG dan dikenal sukses mengembangkan bisnisnya yang berbagis digital.Dia juga punya jaringan internasional yang baik sehingga dapat kesempatan untuk menjalin hubungan yang baik dengan FIFA.

  • Bagikan