ARW Minta Warga Makassar Manfaatkan Sampah Jadi Uang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Anggota Komisi VII DPR RI, Ridwan Andi Wittiri (ARW) meminta kepada warga Makassar agar kiranya memanfaatkan sampah yang bisa didaur ulang untuk dijadikan uang.

Hal ini disampaikan ARW saat membuka pelatihan pembuatan handicraft dari kertas dan plastik bagi warga Makassar di Hotel Four Points by Sheraton, Rabu (26/7/2023).

"Dengan adanya program yang diadakan oleh BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) berpotensi mendapatkan dampak positif bagi lingkungan dan peningkatan ekonomi masyarakat," kata Ridwan Andi Wittiri.

Dirinya juga menyebutkan dengan memanfaatkan plastik yang bisa didaur ulang akan mengurangi sampah dan itu bisa menjadi uang. Apalagi sampah plastik sangat mudah ditemukan.

"Kalau masyarakat mendapat sampah di sekitarnya itu sangat mudah untuk menjadi produk pangan yang bisa menghasilkan uang," ujarnya.

ARW pun sangat bangga dengan warga Makassar karena saat ini sudah ada Bank Sampah dan ini bisa dijadikan mata pencaharian.

"Sampah bukan lagi barang menjijikan tapi sudah bisa menjadi uang, tinggal kita memilah-milah agar bisa didaur ulang," tutur Ketua PDI Perjuangan Sulsel ini.

Dengan ini pihaknya meminta kepada BRIN agar memberikan pelatihan berkualitas kepada masyarakat agar mereka bisa mengolah sampah plastik menjadi rupiah, sehingga ilmu yang didapatkan dari BRIN bisa disampaikan kepada orang dekat.

"Nilai ekonominya kita dapat dan nilai ibadahnya juga kita dapat kalau hasil dari BRIN ini kita ajarkan kepada keluarga kita," jelasnya. (*)

  • Bagikan