Putra Sulung Prof Alimin Maidin, Muttaqien Kini Jadi Doktor ‘Tembakau’, Dapat Predikat Sangat Memuaskan 

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ujian Terbuka Promosi Doktor Achmad R Muttaqien Al-Maidin berjalan lancar yang disaksikan keluarga besar H Maidin dan H Tjabbi di Aula Prof Fachruddin Sekolah Pascasarjana Unhas, Kamis, (3/8/2023). 

Achmad R Muttaqien Al-Maidin merupakan putra sulung dari Direktur Hasanuddin Contact Prof Dr dr H M Alimin Maidin.

Muttaqien-sapaannya, mengangkat judul disertasi “Control Belief Suku Bugis dan Makassar Terhadap Kebiasaan Merokok pada Kawasan Tanpa Rokok di Sulsel”.

Dalam ujian itu, Muttaqien mendapatkan predikat yang sangat memuaskan.

Melalui penelitian itu menggunakan empat nilai yakni siri, sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi.

“Keempat value ini yang kita pakai untuk merubah sudut pandang masyarakat khususnya di Bugis dan Makassar,” kata Muttaqien.

Dengan empat nilai ini diharapkan mampu terintegrasi ke dalam aturan yang sudah ada sebelumnya. 

Dijelaskan, berdasarkan data statistik didapatkan, lebih dari 92 persen, baik dari suku Bugis dan Makassar memiliki control belief yang buruk. Control belief yang buruk itu adalah mereka yang tidak mampu mengendalikan diri mereka untuk tidak merokok di daerah atau kawasan yang dilarang untuk merokok. Jadi tingkat kepatuhannya pasti buruk. 

“Dari hasil statistik juga menunjukkan bahwa ketika pengendalian dirinya baik, maka tingkat kepatuhannya akan naik. Dan hasil statistik juga menunjukkan pengendalian nilai yang baik maka kebiasaannya juga akan berubah menjadi lebih baik,” jelas Dosen Kesehatan Masyarakat ini. 

  • Bagikan