Bangun Bendungan Jenelata, Bakal Jadi yang Terbesar Kedua di Sulsel

  • Bagikan
Plh Sekda Sulsel Andi Muhammad Arsjad (foto: Selfi/fajar)


FAJAR.CO.ID
, GOWA — Pj Sekda Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, melakukan peletakan batu pertama Proyek Pembangunan Bendungan Jenelata, yang dilaksanakan di Dusun Manyampa, Desa Tana Karaeng, Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa, Senin, (19/12/2023).

Andi Muhammad Arsjad mengucapkan terima kasih kepada Jajaran Forkopimda, OPD Terkait, BBWS, Pemda setempat, investor, Kontraktor/Konsultan dan masyarakat kabupaten gowa serta pihak terkait lainnya yang telah berperan serta dalam proyek Pembangunan Bendungan Jenelata. 

Tentu, dengan adanya proyek ini akan menambah suplay air secara kontinyu dan berkelanjutan yang memperkuat ketahanan pangan di Provinsi Sulawesi selatan.

Menurutnya, pembangunan Bendungan Jenelata, akan menggunakan dana loan agreement dan juga dana pendampingan dari Kementerian PUPR. Untuk pengerjaan konstruksi, bendungan ini akan dilakukan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) Bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dengan KSO CAMC Engineering Co., Ltd dari Cina.

"Insya Allah bendungan ini akan menjadi bendungan yang terbesar di Sulsel dan merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan merupakan proyek kerjasama terbesar dan pertama di Sulsel dengan Pemerintah Cina dengan nilai anggaran yang cukup besar yakni Rp4,1 triliun," ucap Arsjad.

Dia menambahkan, jika ke depan keberadaan bendungan ini bisa memberikan banyak manfaat tidak hanya dari segi penyiapan air baku. 

Akan tetapi juga untuk kepentingan pertanian dan juga tentu pembangkit listrik. Serta tak kalah pentingnya ini juga bisa memberi kontribusi dalam upaya pengendalian mitigasi bencana kedepannya.

  • Bagikan