Lepas Ratusan Alumninya, Rektor Universitas Islam Makassar Sampaikan Pesan Ini

  • Bagikan
Prosesi Wisuda Universitas Islam Makassar (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Melepas ratusan alumninya, Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Prof. Dr. KH. Muammar Bakry, mengaku bangga dengan para lulusannya yang rata-rata telah memiliki pekerjaan. 

"Saya sangat optimis melihat kalian semua, mahasiswa UIM yang diwisuda hari ini, ternyata sudah hampir 52 persen semua sudah ada kerjanya di sini," kata Prof Muammar dalam sambutannya pada acara wisuda Sarjana dan Pascasarjana UIN di Dalton Hotel, Makassar, Rabu (20/12/2023). 

Dijelaskan Prof Muammar, 48 persen dari angka tersebut telah bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. 

"48 persen pekerjaannya sudah sesuai bidang keilmuannya. Bukan kaleng-kaleng mahasiswa UIM ini. Banyak di luar sana, sudah sarjana tapi susah mencari kerja," ucapnya. 

Dia pun berpesan kepada para alumninya, sarjana merupakan awal memasuki dunia pembelajaran yang sesungguhnya.

"Jadi belajar itu tanpa henti, bukan berhenti karena gelar sarjana. Pembelajaran yang abadi, pembelajaran yang tiada hentinya, kalau ada yang hanya untuk memperoleh gelar, itu belum maksimal. Bagaimana ilmu kita ini bisa kita terapkan dalam dunia nyata," tekannya. 

Ditegaskan Prof Muammar, sarjana merupakan sosok yang tidak berhenti belajar. Karena merupakan awal dari langkah panjang yang akan ditempuh kedepannya. 

"Orang itu dikatakan sarjana kalau tidak berhenti belajar. Kalau ada orang yang sudah puas dengan belajarnya, maka sesungguhnya dia akan banyak melupakan dan meninggalkan ilmu pengetahuan," imbuhnya. 

  • Bagikan