Petani HKM di Sulawesi Selatan Antusias Menanam

  • Bagikan
IST

Bambang Supriyanto menyampaikan maksud kegiatan ini untuk menggerakkan seluruh pihak dalam mendukung upaya rehabilitasi hutan dan lahan. Adapun tujuan kegiatan ini adalah dengan menanam pohon buah-buahan melalui pola agroforestry pada areal perhutanan sosial juga dapat meningkatkan pendapatan Kelompok Perhutanan Sosial sehingga dapat menumbuhkan perekonomian di tingkat lokal maupun regional.

Selanjutnya, Bambang Supriyanto menyampaikan setelah melakukan penanaman akan dilakukan pemeliharaan sehingga selain peningkatan tutupan lahan juga akan meningkatkan pendapatan masyarakat. KLHK juga akan melanjutkan kegiatan penanaman di seluruh lokasi rehabilitasi hutan dan lahan telah ditetapkan.

Pj Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan Ir. Andi Hasbi,M.T.P mengutarakan bahwa perlu dilakukan tindaklanjut paska penanaman berupa pendampingan dan dukungan dari berbagai pihak dalam meningkatkan kondisi hutan serta termasuk memperkuat perhutanan sosial melalui gerakan menanam maupun dukungan lainnya. Pj Bupati Bone yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone Dray Vibrianto,S.IP., M.Si. menambahkan bahwa Pemda Bone menyambut baik kegiatan penanaman dan mengarahkan desa-desa yang ada di Kabupaten Bone dapat menjadi kampung iklim.

Tidak hanya Pemerintah Pusat dan Daerah saja yang ikut gerakan menanam akan tetapi generasi muda juga terlibat, Silviano S. Tambing yang merupakan Saka Wanabhakti Kota Sulawesi Selatan sangat antusias mengikuti kegiatan penanaman ini dan siap berpartisipasi dalam kegiatan penanaman lainnya begitupun dengan Masyarakat HKm Temue yang bersemangat dan menjadikan kesempatan ini untuk mempromosikan produk madu KUPS.

  • Bagikan