Petani HKM di Sulawesi Selatan Antusias Menanam

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, BONE -- Penanaman di Provinsi Sulawesi Selatan kali ini berada di Lokasi Hutan Kemasyarakatan (HKm) Temmue di Desa Tondong, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone.  Kegiatan penanaman ini terintegrasi dengan penanaman yang dilakukan di Banten oleh Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia.

Pada tahun 2023 masyarakat telah melaksanakan kegiatan Kebun Bibit Rakyat (KBR) sebanyak 30.000 batang dengan jenis tanaman Gmelina sebanyak 20.000 batang dan Kopi sebanyak 10.000 batang yang akan ditanam pada lokasi lahan milik masyarakat yang tidak jauh dari lokasi HKm seluas  ± 25 Ha dengan jumlah petani hutan sebanyak 78 Orang.

Kolaborasi kegiatan penanaman dan pengembangan perhutanan sosial dan sejalan dengan amanah Perpres 28 Tahun 2023 tentang perencanaan terpadu percepatan pengelolaan perhutanan sosial. Lokasi penanaman merupakan lokasi lahan kritis yang menjadi target pemerintah dalam upaya pemulihan kualitas lingkungan hidup.

Bibit yang ditanam berupa jenis bibit kayu-kayuan dan bibit buah MPTS antara lain mangga, nangka, durian dan sukun yang berasal dari persemaian permanen dan pusat persemaian yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Bambang Supriyanto, dalam  sambutan mewakili Menteri LHK Siti Nurbaya pada kegiatan Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia, Provinsi Sulawesi Selatan (14/01/2023), menyatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan rangkaian dari kegiatan penanaman pohon nasional yang  telah dilakukan pada tanggal 30 Desember 2023 dan sekaligus melaksanakan arahan Bapak Presiden R.I untuk terus melakukan penanaman pohon disepanjang musim penghujan 2023/2024. Penanaman ini dilakukan bersama  Pj. Gubernur Sulsel, Pj. Bupati Bone dan pejabat pusat dan daerah, masyarakat dan generasi muda.

  • Bagikan