Kakanwil Ingin Hadirkan Kantor Imigrasi di Kabupaten/Kota Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak mengatakan, pihaknya menginginkan hadirnya kantor Imigrasi di tiap Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

"Keinginan ini tentunya berangkat dari kesenjangan pelayanan publik di bidang keimigrasian. Dimana belum merata ke seluruh kabupaten/kota, sehingga masyarakat kesulitan dalam memperoleh layanan Keimigrasian karena di daerahnya tidak terdapat kantor Imigrasi," ujar Liberti Sitinjak saat memberikan sambutan dalam acara Syukuran Hari Bhakti Imigrasi ke -74, Jumat(26/1) bertempat di Aula Lapas Palopo.

Dengan hadirnya Kantor Imigrasi akan mempermudah masyarakat memperoleh layanan Keimigrasian. "Hal ini membuktikan bahwa negara harus selalu hadir di setiap kehidupan masyarakat," ucap Kakanwil.

Selanjutnya Kakanwil menyampaikan bahwa, Ia sengaja menggelar HBI ke-74 di Kota Palopo supaya berdampak langsung secara ekonomi bagi masyarakat di daerah ini.

Selanjutnya, terkait dengan pengawasan orang asing, Liberti meminta stakeholder yang ada di Sulawesi Selatan untuk dapat bekerja sama, mengingat pengawasan orang asing tidak hanya kewenangan Kemenkumham saja.

"Saya harap kepada gubernur, bupati, wali kota, dan institusi daerah untuk dapat duduk bersama guna memastikan bahwa pengawasan orang asing memang tanggung jawab bersama," ungkap Kakanwil Liberti Sitinjak

Pada kesempatan ini juga, Kakanwil menyoroti keberadaan pengungsi di Sulsel. Sekali lagi, Liberti Sitinjak meminta sinergitas dan dukungan pemerintah daerah untuk bersama - sama memfasilitasi dan mengawasi keberadaan mereka.

  • Bagikan